pesan dari abang beca

Ada hal yang menarik pada sore tanggal 12 Januari 2012 tepatnya lagi pukul 16.30 Wib, ketika itu saya sedang melintas di jalan pelangi medan. Di hadapan saya terlihat sebuah becak dengan tenda berwana putih (bekas bener) yang dengan jelas tinta berwarna hitam bertuliskan “sedia payung sebelum hujan, sedia amal sebelum mati, waspada !!! 2012 ???”.

pesan dari abang becak

Jika dilihat dari tulisan di atas mungkin abang beca ini ingin mengingatkan kita semua untuk menambah amal ibadah sebelum mati dan kemudian dia (baca: abang becak) mengaitkan itu dengan isu tentang kiamat pada tahun 2012. Namun, apakah akan memang terjadi kiamat pada tahun 2012? Saya tidak akan menjawab itu, tetapi tidak salah jika kita membaca situs ini untuk memperjelas isu benar tidaknya kiamat pada tahun 2012: http://www.tempo.co/read/news/2011/12/04/095369809/Benarkah-Bangsa-Maya-Tak-Ramalkan-Kiamat-2012 dan http://www.forumkami.net/cafe/32207-nasa-sembunyikan-fakta-kiamat-2012-benarkah.html.

Lepas dari itu semua, ada suatu kebenar sejati yang tersirat dari tulisan di tenda becak tersebut, yaitu; setiap manusia pasti akan mati, untuk itu perbanyaklah amal sebelum kematian. Tanpa disadari sebenarnya abang becak ini sudah melakukan dakwah sepanjang perjalanannya tanpa harus bicara panjang lebar. Suguh luar biasa.

Di sisi lain memang, tulisan-tulisan seperti itu sering kita temui di banyak angkutan umum, Bus atau Truk (grobak dalam bahasa medan) pengangkut barang. Tepi biasanya tulisan yang muncul bersifat hiburan, pesan keselamatan, doa dan harapan dari para supir itu sendiri. Terkadang malah bukan hanya tulisan, tetapi ada juga pemandangan alam pedesaan ataupun wanita seksi yang sedang tidur menyamping. Secara psikologis itu memang sangat menghibur bagi para supir yang melihatnya.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran adalah tugas utama kita sebagai makhluk ciptaan allah dimuka bumi ini?

 

One thought on “pesan dari abang beca”

  1. salam kenal juga,
    ia seharusnya becak abang itu bisa di jadikan fenomena alam di tegah hempasan badai a moral yang begitu mengerikan ini. hehehhe..
    mohon untuk di folow ya blok saya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s