Mengaplikasikan Sifat Nabi di Zaman Jahiliyah Modern,

Setiap tahunnya para muslim di dunia dan Indonesia (khususnya) selalu memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Muhammad lahir di hari Senin, 12 Rabi’ul Awal tahun 571 Masehi (lebih dikenal sebagai Tahun Gajah. Tahun di mana Abraham Gagal menyerang Mekah) akan tetapi Di kalangan Syi’ah, sesuai dengan arahan para Imam yang merupakan keturunan langsung Muhammad, meyakini bahwa ia lahir pada hari Jumat, 17 Rabiulawal; sedangkan kalangan Sunni percaya bahwa ia lahir pada hari Senin12 Rabiulawal (2 Agustus 570 M). Nabi Muhammad lahir di kota Mekkah, di bagian Selatan Jazirah Arab, suatu tempat yang ketika itu merupakan daerah paling terbelakang di dunia, jauh dari pusat perdagangan, seni, maupun ilmu pengetahuan.

Namun, bukan berarti beliau jauh dari segala bentuk perdagangan, ilmu dan pengetahuan. Muhammad sering menemani pamannya berdagang ke arah Utara dan kabar tentang kejujuran dan sifatnya yang dapat dipercaya menyebar luas dengan cepat, membuatnya banyak dipercaya sebagai agen penjual perantara barang dagangan penduduk Mekkah.

Dan Ketika Muhammad berumur 35 tahun, ia ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Ka’bah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad, Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil. Saat itu ia dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya, hingga akhirnya ia memperoleh gelar Al-Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya”.

Diriwayatkan pula bahwa Muhammad adalah orang yang percaya sepenuhnya dengan keesaan Tuhan. Ia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat tamak, angkuh dan sombong yang lazim di kalangan bangsa Arab saat itu. Ia dikenal menyayangi orang-orang miskin, janda-janda tak mampu dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. Ia juga menghindari semua kejahatan yang sudah membudaya di kalangan bangsa Arab pada masa itu seperti berjudi, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga ia dikenal sebagai As-Saadiq yang berarti “yang benar”.

Muhammad sudah memiliki sifat-sifat seperti ini jauh sebelum diangkat menjadi nabi,  ditegah lingkungan sosial yang begitu jahiliyah. Di mana pada zaman tersebut banyaknya manusia menyekutukan Allah, banyak berbuat maksiat, tidak memiliki norma, percaya kepada khurafat, dan berbagai bentuk kebobrokan moral lain. Dan beliau dapat merubah perilaku tersebut dengan jalan dakwah, baik melalui perkataan dan perbuat.

Sifat-sifat beliau yang begitu terpuji membuat banyak orang berlomba-lomba masuk ke dalam islam. Empat Sifat-sifat terpuji yang dimiliki beliau adalah; Shiddiq (benar), Amanah (bisa dipercaya), Tabliq (menyampaikan), dan Fatonah (Cerdas).

Seharusnya sifat-sifat beliau tersebut dapat kita pelajari dan terapkan pada kehidupan sehari-hari, apalagi ditengah zaman modern yang jahiliyah ini. Di mana kebanyakan orang tidak malu lagi untuk berbohong, mencuri secara terang-terang, tempat-tampat mabuk yang seakan di legalkan, perjudian yang terus marak dan dijadikan sebagai sumber kehidupan untuk keluarga, kebebasan seks di semua tingkatan usia dan banyak lagi.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah” (Q.S. 33:21).

Untuk itu mulailah mengambil manfaat dari ke-empat sifat nabi (shiddiq, amanah, tabliq, dan fatonah) dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sosial sehari-hari. Mulailah untuk berkata sesuai dengan perbuatan, sampaikanlah apa yang seharusnya disampaikan baik itu yang menyangkut tentang keberhasilan atau kegagalan, sehingga banyak orang akan percaya dengan kita.

 

Selamat hari Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1433 H

3 thoughts on “Mengaplikasikan Sifat Nabi di Zaman Jahiliyah Modern,”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s