Sore bersama lagu Iwan Fals: “Jangan Bicara”

Sore ini pikiran dan jiwa saya digugah oleh iwan fals dalam banyak hal. Lagu ini menjadi sebuah pertanyaan besar kepada pikiran dan jiwa kita tentang idealisme, nasionalisme, keadilan dan kemakmuran. Runtuhnya Moral, tanggung jawab memiliki bagian tersendiri.

            Iwan memulainya secara terbuka. Dalam lagu ini ia berunjar:

            Jangan bicara soal idealisme, mari bicara soal berapa banyak uang dikantong kita atau berapa dasyatnya ancama yang terpaksa membuat kita “onani.”

            Jangan bicara soal nasionalisme, mari bicara tentang kita yang lupa warna bendera sendiri, atau tentang kita yang lupa bisul tumbuh subur di ujung hidung yang memang tak mancung.

            Jangan perdebatkan soal keadilan. Sebab keadilan bukan untuk diperdebatkan.

            Jangan caritakan soal kemakmuran, sebab kemakmuran hanya untuk “anjing si-tuan polan.”

            Lihat di sana, si-Urip meratap diteras marmer di rektur murtad. Lihat di sana, si-Icih sedih diranjang empuk waktu majikannya “menindih”. Lihat di sana, parade penganggur yang tampak murung di tepi kubur. Lihat di sana, antrian pencuri yang timbul sebab nasinya dicuri.

            Jangan bicara soal runtuhnya moral, mari bicara tentang harga diri yang tak ada arti atau tentang tanggung jawab yang kini dianggap sepi.

sore bersama iwan fals***

            Melihat beberapa tragedi sosial dan politik dalam beberapa pekan terakhir mungkin cukup mewakili apa yang sudah diutarakan iwan fals beberapa decade lalu dalam lagu jangan bicara ini. saya tidak tau apa yang harus diungkapkan lagi. Ini menjadi Pekerjaan Rumah bangsa yang sampai sekarang belum selesai juga karena reformasi hanya menimbulkan ketimpangan sosial baru dalam bingkai demokrasi politik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s